12.06.2011

Mengenal Apa Itu Firewall

Mengenal Apa Itu FirewallPada kesempatan yang berbahagia ini #eaaa PlanetKomputer akan membahas materi mengenai Firewall. Mungkin Anda pernah mendengar istilah Firewall tapi anda tidak tahu apa sih itu firewall. So, berikut adalah penjelasan mengenai firewall


apa itu firewall


Apakah Firewall itu ?

Sesuai dengan namanya, Firewall adalah sebuah software (dan juga hardware) yang membentuk suatu penghalang antara komputer dengan materi-internet (internet-content) yang memiliki kemampuan merusak. Dan juga melindungi computer dari user-jahat (malicious-user) serta serangan dari banyak jenis worm dan virus komputer. Ini adalah hal utama dalam keamanan jaringan (internet security).

Firewall dalam melindungi komputer (network) menerapkan suatu bentuk pembatasan-tertentu pada jenis-data-masukan atau incoming-trafic, selain itu juga mampu menjadi suatu “masker” atas identitas jenis koneksi  komputer, sehingga hacker yang berusaha melakukan penjelajahan (injection) dalam komputer kita, tidak dapat (sulit) menemukan informasi yang mempermudah serangan (hacking) terhadap komputer kita.


Perlukah menggunakan Firewall ?

Jarang sekali hacker memilih komputer-target yang menggunakan tipe koneksi DialUp, sebab koneksi DialUp selalu menggunakan IP-address yang berbeda setiap kali menghubung ke web/internet. Memang pada koneksi DialUp tidak terdapat IP-Static, sehingga bagi hacker, DialUp adalah sasaran yang “bergerak” sehingga sulit di-“bidik”. Inilah barangkali kelebihan dari koneksi “jadul” ini.

Berbeda dengan koneksi DSL atau cable-modem yang lebih canggih yang menerapkan IP-Static (static IP address). Komputer dengan tipe koneksi inilah yang menjadi sasaran “empuk” hacker, ibarat menembak sasaran mati. Disinilah pentingnya Firewall yang akan menjadi selubung bagi tipe koneksi (IP-address) kita.

Bagaimana Mengaktifkan Firewall


• Buka Control Panel, dan pilih Windows Firewall.
• Klik opsi / pilihan ON (Recommended)

Bagaimana Menguji Firewall ?


Firewall tidak memonitor out-going traffic (data-keluaran), ini yang mesti dipahami, artinya program jahat seperti Trojan yang ada didalam komputer kita (kalau ada), masih bisa menerobos keluar, danmenginfeksi kedalam jaringan. Bermacam informasi penting bisa dikirim oleh program malware dari komputer kita. Mungkin untuk keperluan ini perlu dipertimbangkan penggunaan aplikasi berbasis firewall dari pihak ketiga (third party), misalnya keluaran Zonelabs --blog ini tidak berafiliasi dengan Zonelabs--. Dan untuk menguji seberapa efektif firewall yang kita pasang, bisa dicoba jasa pihak ketiga seperti www.hackerwatch.org ,http://qrc.com/it/leaktest.htm , dan masih banyak lagi.

Pengujian diatas hanya untuk memeriksa proteksi-inbound. sedangkan untuk memeriksa proteksi-outbound bisa dilakukan menggunakan utiliti khusus keperluan tsb. Memang harganya tidak murah, tetapi kita bisa menggunakan versi-free dari brand terkenal seperti SeagatePersonalFirewall, ZoneAlarmFree, SunbeltPersonalFirewall, PeerGuardian, ComodoInternetSecurity dll.

source : mastokkenari


EmoticonEmoticon