7.08.2012

Inilah Komputer Tercepat di Dunia

Wow ternyata komputer tercepat di dunia adalah IBM Sequoia. Sebenarnya ini sudah tidak disebut lagi sebagai komputer melainkan Superkomputer.

Sobat Planet Komputer, Apa sih  Superkomputer itu ? Ada yang tahu ? Kalo ngga ada yang tahu berikut definisi dari Superkomputer :

Superkomputer adalah sebuah komputer yang memimpin di dunia dalam kapasitas proses, terutama
kecepatan penghitungan, pada awal
perkenalannya. (wikipedia)

Superkomputer Sequoia yang dipasang di Departemen Energi di Laboratorium Nasional Lawrence Livermore ternyata berhasil mencapai kecepatan 16,32 petaflop per detik. Superkomputer asal Amerika Serikat (AS) IBM Sequoia, menempati posisi pertama dalam daftar superkomputer terdepan di dunia versi situs komputer super TOP500 untuk pertama kali sejak November 2009 lalu.

Superkomputer Sequoia yang dipasang di Departemen Energi di Laboratorium Nasional Lawrence Livermore berhasil mencapai kecepatan 16,32 petaflop per detik dengan menggunakan inti sebanyak 1.572.864.

Sequoia, sebagai salah satu sistem yang paling bertenaga efisien dalam daftar, mengalahkan "K Computer" asal Jepang dengan 10,51 petaflop per detik yang sebelumnya menjadi yang pertama dalam dua kali penilaian. AS kehilangan kepemimpinannya
pada November 2009 setelah "Tianhe-1A" asal China menjadi yang pertama dalam daftar. Sedangkan superkomputer "Lomonosov" asal Rusia yang dipasang di Universitas Negeri Moskow memiliki kemampuan 0,9 petaflop per detik dan berada pada peringkat ke-22. Secara keseluruhan terdapat lima.superkomputer asal Rusia dalam penilaian saat ini yang menempati posisi sama dengan penilaian sebelumnya.

Daftar TOP500 menunjukan 500 sistem komputer terkuat yang tersedia secara komersial selama dua kali dalam setahun. Sejumlah pakar terkadang mengkritisi penilaian hanya dari satu sisi dan ketidakmampuan untuk menunjukan kehebatan sistem sebenarnya di banyak kelas akibat masalah praktis.

Sumber : Wartawanews, Wikipedia


2 komentar

itu mesinnya banyak banget gan...
pasti main game bad pigies gak lag


EmoticonEmoticon