5.19.2012

Layanan-layanan Internet


Hai, kali ini planet komputer akan ngasih kamu info tentang layanan-layanan internet yang dirangkum dari beberapa sumber di google dan dikumpulkan oleh planetkomputer.blogspot.com menjadi satu. Mungkin engkau disuruh cari tugas mencari layanan layanan internet. Silahkan Copy Paste aja.

1.      BROWSING/SURFING

Browsing adalah sebuah layanan pada internet yang berfungsi untuk menampilkan suatu situs/website guna mencari suatu informasi.
Program yang digunakan untuk browsing/surfing adalah Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Netscape Navigator, Google Chrome, Flock, Safari dan lain - lain. Untuk melakukan browsing harus mengetik alamat website pada address. Misalnya,www.detik.com,www.geocities.comwww.yahoo.com
2.                  WORLD WIDE WEB
World Wide Web (“WWW”, atau singkatnya “Web”) adalah suatu ruang informasi yang yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier (URI) untuk mengidentifikasi sumber-sumber daya yang berguna. WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian
daripadanya. Hiperteks dilihat dengan sebuah program bernama penjelajah web yang mengambil informasi (disebut “dokumen” atau “halaman web”) dari peladen web (server web) dan menampilkannya, biasanya di sebuah tampilan komputer. Kita lalu dapat mengikutipranala di setiap halaman untuk pindah ke dokumen lain atau bahkan mengirim informasi kembali kepada peladen untuk berinteraksi dengannya. Ini disebut ”surfing” atau “berselancar” dalam bahasa Indonesia. Halaman web biasanya diatur dalam koleksi material yang berkaitan yang disebut “situs web”.
3.      HTTP
HTTP ( Hyper text transfer protocol) adalah Fasilitas basis dari WWW, dengan fasilitas ini anda dapat mengakses dari suatu situs web yang ditulis dengan bahasa HTML
4.      FTP
FTP ( File transfer Protocol ) digunakan untuk pengambilan data atau arsip dan file secara elektronik.




5.      E-MAIL
Email, kalau dalam istilah Indonesia adalah surat elektronik. Yaitu sebuah layanan yang memungkinkan seorang pengguna internet untuk saling berkirim pesan melalui alamat elektronik di internet. Email merupakan layanan yang populer dan terus berkembang. Protokol yang digunakan untuk pengiriman email adalah SMTP (Simple Mail Transport Protocol), sedangkan untuk menerima (men-download) email dapat menggunakan protokol POP (Post Office Protocol) atau IMAP (Inernet Message Access Protocol).Tetapi layanan email yang paling banyak digunakan adalah yang berbasis web atau sering disebut web based email yang dapat diakses melalui halaman web biasa menggunakan web browser.
6.      USENET
UseNet adalah sistem kelompok diskusi di mana artikel-artikel didistribusikan ke seluruh dunia. UseNet memiliki ribuan kelompok diskusi, sehingga tidak heran jika UseNet meliputi segala macam topik yang mungkin Anda inginkan.
7.      MAILING LIST
Sering disebut dengan milis, yaitu layanan internet sebagai pengembang an dari email yang difungsikan untuk berdiskusi. Melalui milis kita dapat menyampaikan pengumuman seperti lomba pidato, olimpiade math, science, artikel menarik, dll. Setiap email yang dikirim akan disampaikan kepada seluruh anggota sehingga mendapatkan informasi. Untuk mendapatkan layanan milis kita dapat memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh www.yahoogroups.com
8.      INTER RELAY CHAT
Inter relay chat adalah fasilitas yang diguna kan untuk melakukan perbincangan atau bercakap-cakap melalui internet menggunakan teks atau sering disebut dengan chatting.
9.         INTERNET PHONE/CONFERENCE
Fasilitas untuk melakukan percakapan jarak jauh via INTERNET. Untuk itu diperlukan aplikasi khusus dan dukungan hardware multi media.
10.     NEWSGROUP
Newsgroup adalah aplikasi internet yang berfungsi untuk berkomunikasi antara satu dgn yg lain guna    membahas suatu topik dalam sebuah forum. Grup-grup akan menjadi sarana pertemuan jarak jauh secara elektronik. Contoh : diskusi tentang Indonesia alt.culture.indonesia, soc.culture.indonesia; tentang internet : alt inter


net; tentang serial tv : alt.tv.x-file, alt.tv.xena, tentang hobi : alt.filateli.rec.collection.stamps
11.  FILE TRANSFER PROTOCOL (FTP)
FTP adalah fasilitas untuk mengirim suatu file yang disertakan melalui email. File yang dikirim dapat berupa file naskah (word), gambar, animasi, musik dll.
12.  GOPHER
Gopher adalah komponen yang digunakan untuk mencari informasi yang berupa directori atau file dalam internet. Info yang berupa text, suara, image tersimpan dalam gopher server. Sedangkan untuk mengambilnya digunakan Gopher Client.
13.  TELECONFERENCE
Teleconference adalah fasilitas internet yang juga digunakan untuk berbincang-bincang dengan cara yang kompleks yaitu mulai dari suara hingga gambar, shg seolah-olah kita dapat langsung berhadapan dengan lawan bicara. Fasilitas ini merupakan pengembangan dari chatting. Komputer yang digunakan untuk teleconfe-rence harus dilengkapi dengan web camera, sound card, tv tuner, VoIP.
14.  INTERNET TELEPHONY
Internet Telephony yaitu fasilitas untuk berkomunikasi dgn suara melalui internet menggunakan pesawat telepon. Pulsa yang dibayar sama dengan pulsa internet walapun dilakukan secara SLJJ atau SLI. Software yang digunakan untuk telephony adalah Net2phone, buddytalk, media ring talk dll.
15.  INTERNET FAX
Internet juga dapat digunakan untuk mengirim faximili yang secara umum dilakukan melalui mesin faksimili.
16.  SEARCH ENGINE
Mesin Pencari (Search Engine)adalah situs yang menyediakan layanan untuk mencari alamat situs, gambar, foto dan sebagainya dengan cepat. Terdapat banyak website pencari di internet antara lain yaitu Google, Yahoo, Amazon Altavista, Excite, MSN Search





17.     BLOG
Blog, adalah layanan untuk kita dapat menuliskan artikel, cerita, curhatan hati, pengalaman pribadi de el el dalam bentuk kata-kata atau gambar. Layanan blog yang terkenal dan banyak digunakan antara lain yaitu Blogspot, Wordpress, Multiply.
18.     JEJARING SOSIAL
Friendster, Twitter, MySpace, Mig33, Facebook, adalah situs jaringan sosial atau jaringan pertemanan yang biasanya untuk mencari teman dan berkomunikasi melalui internet.

19.     E – COMMERCE
Perdagangan elektronik atau e-dagang (bahasa Inggris: Electronic commerce, juga e-commerce) adalah penyebaran, pembelian,penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui system elektronik seperti internet atau televisi, www,atau jaringan komputer lainnya.. E-dagang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). MenurutRiset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.
20.     E – BANKING
E Banking disebut juga internet banking, virtual banking, online banking, dan lain – lain. Dengan E – Banking kita dapat menstranfer uang, mengecek saldo, pembayaran tagihan, dan transaksi lainnya.
21.     TELNET
Telnet (Telecommunication network) adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan di koneksi  Internet  atau Local Area Network. TELNET dikembangkan pada 1969 dan distandarisasi sebagai IETF STD 8, salah satu standar Internet pertama. TELNET memiliki beberapa keterbatasan yang dianggap sebagai risiko keamanan


22.  AUDIO/VIDEO STREAMING
Streaming adalah layanan yang langsung dapat mengeksekusi atau menjalankan data tanpa harus menunggu selesainya proses pengiriman data. Contohnya adalah layanan video YouTube atau layanan lainnya yang sejenis. Bahkan pada blog dan situs-situs pribadi juga sudah banyak yang memanfaatkan layanan ini untuk berbagai keperluan. Jadi dengan layanan ini, misalnya, jika ingin menonton cuplikan film, tidak harus men-download dulu baru nonton, tetapi langsung nonton sambil download.
23.  WAIS SERVER
WAIS (Wide Area Information Service) menyediakan cara lain untuk menemukan informasi yang tersebar dalam INTERNET. WAIS mampu mengakses segala database yang besar (seperti dokumen, file berisi gambar, video dan suara).






24.     REMOTE LOGIN
Remote Login merupakan fasilitas yang digunakan untuk mengubungi atau memasukkan salah satu srver yang disambungkan ke jaringan internet. Untuk dapat melakukannya kita harus tahu alamat servernya, punya username dan password.
25.     ELECTRONIC MAGAZINE
Electronic magazine adalah majalah elektronik berupa artikel – artikel yang disimpan dalam file – file yang diakses oleh semua orang, baik dengan topic ilmiah ataupun hiburan.
26.     PING
PING ( Packet Internet Gopher ) dgunakan untuk mengetahui apakah computer  yang kita gunakan terhubung dengan computer lain di Internet. Pengecekan hubungan ini dilakukan dengan cara mengirimkan sejumlah paket data.

1 komentar so far

nice info, kunjungi & komentar diri blogku
http://www.comjunior.co.cc


EmoticonEmoticon